RSS
Write some words about you and your blog here

Ilmu Administrasi Bisnis

Ilmu Administrasi Bisnis Administrasi dalam bahasa Indonesia biasa dapat diterjemahkan dengan “mengurus” atau “pengurusan”, dalam bahasa Inggris-Amerika “administration”, dalam bahasa Belanda “besturen” atau “manager”. Administrasi adalah salah satu alat umum untuk menggerak-hidupkan kegiatan sekelompok manusia (termasuk alat-alat dan fasilitas), yang bekerja sama dalam suatu organisasi untuk mencapai sesuatu tujuan. Administrasi dijalankan oleh Administrator adalah istilah akademik dan bersifat nama genus. Di dalam praktek gelar daripada Administrator tersebut adalah Direksi, Manager, Pemimpin, Kepala, Pengurus, Taoke, dan sebagainya. Administrator adalah setiap kepala atau pimpinan organisasi yang bisa merupakan seorang saja, dapat pula merupakan suatu dewan atau suat badan pimpinan atau badan pengurus. Pada suatu perusahaan, maka administrator tersebut adalah seorang Direktur atau suatu Direksi. Menjalankan administrasi terdiri atas lima fungsi utama, yaitu: 1. Pengembangan organisasi 2. Top management 3. Tata usaha 4. Management 5. Operasi Sarana-sarana administrasi itu ada tiga, yaitu: organisasi, tata usaha, manajemen. 1. Organisasi adalah wadah atau ajang daripada usaha, yaitu sarana administrator untuk mengatur tata hubungan ikatan antar unsur-unsur administrasi, untuk menjaga jangan sampai usahanya bubar berantakan. Administrator adalah kepala administrasi yakni kepala organisasi yang diserahi tugas dan tanggung jawab oleh pemilik organisasi untuk memimpin, membina, mengembangkan, dan mengendaikan organisasi ke arah tercapainya tujuan organisasi yang telah diterapkan oleh para pemilik organisasi atau pengusaha oragnisasi. Setiap organisasi terdiri atas struktur, jabatan-jabatan, dan sistem-sistem. 2. Tata usaha adalah sarana administrator untuk menjaga jangan sampai kehilangan jejak, arah, ingatan, kontak (komunikasi) dengan orang-orang dan relasi dan jangan sampai rumah tangga perusahaannya berantakan. Tata usaha adalah pengumpulan dan pengolahan data, keuangan, personil, sedemikian rupa hingga secara terus menerus dapat diketahui apa yang terjadi, apa yang berlangsung, dan apa yang harus diperbuat. 3. Manajemen adalah sarana administrator untuk menggerakan dan mengendalikan unsur-unsur administrasi, terutama unsur manusia dan merupakan suatu sistem pimpinan. Manajemen adalah sistem dan kelompok orang-orang piliahan untuk bersama-sama merupakan pimpinan daripada usaha. Unsur-unsur Administrasi Membangun suatu administrasi adalah dengan menkonstruksi suatu bangunan administratif terdiri atas delapan unsur. Unsur-nunsur administrasi yang satu sama lain harus diatur tata hubungan dan ikatan di dalam rangka membangun suatu administrasi, yaitu: 1. Tujuan (unsur operasional) 2. Menajemen (unsur pimpinan) 3. Pekerja (unsur kekuatan kerja) 4. Modal (unsur kekuatan membeli) 5. Gedung dan tanah (unsur tempat, papan, dan markas) 6. Equipment (unsur kekuatan mekanisasi) 7. Kantor (unsur kekuatan energi, informasi, kemampuan) 8. Lokasi (unsur lingkungan)

0 komentar:

Posting Komentar